Senin, 27 Desember 2010

Perbandingan Repeater, Hub, Switch, Bridge dan Router

Repeater adalah suatu perangkat dengan program yang digunakan untuk mengatasi keterbatasan jarak atau kualitas sinyal pada suatu segmen jaringan komputer. Berfungsi untuk menggabungkan beberapa segmen suatu jaringan yang besar .
Hub dapat digunakan untuk menambah node di suatu jaringan. Misalnya hub pada satelit atau local area network (LAN). Di dalam komputer jaringan yang terhubung melalui kabel disebut juga dengan wiring center. Terdapat dua macam hub, yaitu active hub dan passive hub.
Switch berfungsi untuk menghubungkan bebepara LAN yang terpisah serta menyediakan filter paket antar LAN. Switch adalah peralatan multi port, masing-masing dapat mendukung satu workstation, jaringan Ethernet atau jaringan Token Ring.
Bridge adalah device yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah, baik tipe jaringan yang sama ataupun tipe jaringan yang berbeda. Bridge berfungsi sebagai jembatan logical seperti pembongkaran dan penyusunan paket, penyelamatan, buffering, dan lain-lain.
Router adalah device yang berfungsi untuk meneruskan paket data dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TWITTER

Menu

Recent Post