Senin, 19 Maret 2012

Memasukkan Blog Search Engine Google



Artikel 12
       Memasukkan Blog ke Search Engine Google artinya mendaftarkan blog Anda agar masuk ke dalam database Google. Apakah harus dilakukan? Sebetulnya cara ini optional, tidak dikerjakan pun tidak mengapa, blog Anda tetap bisa masuk ke database Google tersebut, mengapa ini bisa terjadi? Karena Google tersebut mempunyai apa yang disebut dengan robot crawler (robot penjelajah) yang berkeliaran terus menerus. Misalnya Robot sedang masuk ke blog saya, lalu menemukan LINK ke blog Anda dari blog saya maka robot itupun akan otomatis mengindex atau memasaukkan blog Anda ke dalam database mereka. Namun jika Anda tidak ingin menunggu robot masuk ke website Anda dari pintu masuk blog lain secara otomatis maka Anda boleh mendaftarkan blog Anda ke Search Engine Google tersebut secara manual. Bagaiamana caranya? Sangat sederhana, mari kita bahas.

Silahkan masuk ke http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl
Setelah sampai disana, Anda akan menemukan layar untuk memasukkan blog Anda. Perhatikan isian untuk masing-masing kotak tersebut.
URL: ….
Isi dengan blog anda misalnya http://rahasiasearchengine.net
Comments: …
Isi komentar singkat tentang blog Anda misalnya Rahasia Search Engine. ISi dengan judul blog Anda ya, yang satu ini hanyalah contoh dari saya saja.
Lalu akan ada kotak dengan gambar bertuliskan kata acak. Anda masukkan ke dalam kotak di bawahnya.
Kemudian yang terakhir klik pada tombol Add URL
           Sesuai dengan kata Google tersebut mereka tidak berjanji 100 persen akan menambahkan semua URL yang dimasukkan ke database mereka, dan mereka juga tidak memberikan prediksi atau menggaransi tentang kapan website Anda akan muncul di hasil pencarian. Seperti itulah Google, tidak mau berjanji pasti, hehe.. Namun demikian secara rata-rata, setidaknya yang sering saya alami maka blog akan muncul dalam waktu beberapa hari. Jika tidak muncul lebih dari seminggu maka Anda boleh saja mengulanginya. Tetapi tidak perlu juga terlalu sering. Cara ngecek apakah blog Anda sudah terdaftar di Google, tinggal masuk lagi ke Google.co.id dan ketikkan blog Anda misalnya ketik: rahasiasearchengine.net
Demikian itu saja cara mendaftarkan blog Anda di search Engine Google. Seperti saya tulis diatas, cara manual ini boleh saja tidak dikerjakan, asalkan blog Anda telah dipromosikan di tempat lain, sehingga robot Google bisa masuk sendiri dan mengindex blog Anda secara otomatis. Dan tentu saja tak ada salahnya lakukan secara manual untuk mempercepat robot itu datang ke blog Anda.
Sekedar membuat blog masuk atau terdaftar saja di Google memang sangat mudah. Yang lebih penting tentu saja adalah masuk dan menang di posisi Rangking Atas Google misalnya. Karena jika blog Anda sudah terdaftar dan orang mencari suatu kata tertentu dan blog Anda muncul di rangking atas Google maka itu baru ngetop namanya, sebaliknya jika blog Anda masuk tetapi di urutan ke 1000 maka hampir tidak ada orang yang akan menemukannya dan dengan rajinnya mengklik Next, Next atau Berikutnya dan Berikutnya waktu mereka mencari informasi di Google.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TWITTER

Menu

Recent Post