Senin, 19 Maret 2012

sejarah search engine


 Artikel 11
    Sarch Engine adalah aplikasi yang didesain untuk mencari informasi dunia world wide web/ internet. Internet terdiri dari triliun data dan informasi dalam jutaan server dan lokasi yang tersebar luas. Search engine menkoleksi data, gambar, informasi dalam bentuk indeks. Informasi yang disajikan dalam bentuk daftar kepada pencari berdasarkan info yang diberikan oleh pencari.

Cara kerja search engine berdasarkan urutan berikut ini:
1. Web Crawling
2. Indexing
3. Searching

Web crawler (disebut juga spider) adalah program komputer yang melihat-lihat/browse halaman web serta mengikuti setiap link di halaman tersebut, dan kemudian menyimpannya dalam indeks di server search engine. Isi dari halaman tersebut dianalisa untuk mendapatkan index kata-kata dari judul, header, dan meta tag. Index memungkinkan hasil query yang sepandan dengan cepat.

Saat pengguna menuliskan pertanyaan/ query ke search engine, maka search engine akan searching/ mengevaluasi index dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan pertanyaan/ query, beserta ringkasan singkat yang terdiri dari judul dokumen dan sebagian dari teks.

Sejarah Search Engine

Sebelum ada web search engine(mesin pencari web), terlebih dahulu ada sebuah webserver yang memiliki daftar lengkap. Tampilan tersebut diubah oleh Tim Berners-Lee dan dimana CERN webserver menjadi tuan rumahnya. Sejarah dalam sebuah foto yang masih tersisa dari 1992. Semakin banyak webserver yang online tampilan pusat tidak dapat ikuti. Dalam NCSA server baru diumumkan dengan judul "What's New!" tetapi tidak terdapat tampilan yang lengkap lagi.

Alat yang pertama kali digunakan untuk mencari informasi di internet dinamakan Archie. Nama itu singkatan dari "archive" tanpa "v". Alat ini diciptakan pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang murid di McGill Universitas di Montreal. Program ini menyalin data dari semua file di komputer yang terletak di FTP (File Transfer Protocol) tanpa nama, menciptakan kumpulan data yang bisa ditemukan di komputer; bagaimanapun, Archie tidak memberi petunjuk dalam situs ini.

Gopher meningkat (diciptakan pada tahun 1991 oleh McCahill di Universitas Minnesota) memimpin 2 program pencari baru, Veronica dan Jughead. Seperti Archie, mereka mencari nama file dan judul yang disimpan dalam sistem index (petunjuk) Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan kata kunci pencarian dari kebanyakan judul menu Gopher dalam semua tampilan Gopher keseluruhan. Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display) adalah sebuah alat untuk mendapatkan informasi dari server Gopher. Sementara sebuah nama mesin pencari "Archie" bukan penunjuk untuk berbagai seri buku komik Archie, "Veronica" dan "Jughead" adalah karakter dalam berbagai seri, jadi mengarah pada pendahulu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TWITTER

Menu

Recent Post