Senin, 19 Maret 2012

Referensi Alibaba.com


Tugas 3
Tentang Alibaba.com
       Alibaba.com adalah salah satu merek B2B (business-to-business) E-Commerce terbesar di dunia dan perdagangan online nomor satu untuk perdagangan global dan domestik China. Alibaba.com menyediakan layanan yang efisien, platfrom yang terpercaya untuk menghubungkan jutaan pembeli dan penjual di dunia setiap hari.
Portal international kami menggunakan bahasa inggris (www.alibaba.com), difokuskan untuk importir dan eksportir global, sedangkan untuk portal di China menggunakan bahasa mandarin (www.alibaba.com.cn), difokuskan untuk pembeli dan penjual domestik di China dan portal di Jepang (www.alibaba.co.jp). Keseluruhan anggota yang terdaftar dalam Alibaba.com mencapai 38 juta member dilebih dari 240 negara dan daerah. Kantor Alibaba.com berpusat di Hangzou, China dan kantor cabang di 40 negara sepeti Taiwan, Hongkong, Eropa dan Amerika.

Alibaba.com adalah portal internet terbesar didunia untuk perdagangan internasional,pembeli dan penjual semua bertemu di alibaba.com untuk mencari dan menjual produk diberbagai industri,situs ini sejenis ebay atau google tapi buatan china. Pengelolaan database diperuntukkan untuk transaksi perdagangan secara global/konekting keberbagai hulu sampai hilir. Cara tersebut dilakukan guna mempermudah jaringan informasi dan komunikasi dalam perdagangan ya sama seperti tokobagus dan bhineka.
Cara mendaftar di alibaba.com
- Masuk alibaba.com lalu klik tombol join free
- setelah itu isi semua data yang kosong yang harus di isi. 
- Jika sudah diisi semua maka klik tombol create account. 
- Lalu buka email yang sudah terdaftar,dengan itu anda sud

Memulai dan Mengembangkan Aspek Bisnis di Dunia Maya

Artikel10

           Bagi para pengusaha dan praktisi teknologi informasi, melakukan bisnis di dunia maya merupakan permainan dan petualangan baru yang sangat mengasyikkan. Dikatakan sebagai permainan karena menyangkut berbagai jenis aturan dan paradigma baru yang belum pernah dikenal sebelumnya untuk mencapai suatu obyektif. Merupakan petualangan yang mengasyikkan karena hampir semua pemain masih dalam posisi coba-coba sehingga memiliki kesempatan menang atau kalah yang sama. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa proses memulai dan mengembangkan bisnis baru merupakan dua hal mendasar yang memiliki prinsip sangat berbeda. Kunci utama dari keberhasilan bisnis di dunia maya adalah memahami benar mengenai karakteristik arena permainan yang lebih dikenal sebagai era ekonomi digital. Artikel ini secara ringkas menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang harus diketahui bagi mereka yang berniat untuk memulai dan mengembangkan model bisnis baru dengan memanfaatkan internet sebagai medium bertransaksi. Arena Ekonomi Digital Keputusan menyelenggarakan bisnis baru di internet dapat berasal dari berbagai macam alasan, mulai dari ingin memanfaatkan peluang yang ada, mencari keuntungan sebanyak-banyaknya secara cepat, sampai dengan hanya sekedar iseng belaka, atau latah seperti yang umum terjadi di Indonesia (Ghosh, 1998). Terlepas dari latar belakang beragam tersebut, untuk dapat berhasil memulai dan mengembangkan suatu aktivitas yang baik sehingga tercapai obyektif yang diinginkan, para pelaku atau praktisi bisnis harus memahami karakteristik arena  permainannya terlebih dahulu, yang oleh sebagian pakar diistalahkan sebagai ekonomi digital (Evans, 1997). Memahami ekonomi digital sebagai lingkungan makro dari bisnis di dunia maya (dimana internet merupakan medium utama dalam berinteraksi) tidak semudah membaca sebuah konsep atau teori dari bermacam-macam referensi, tetapi lebih jauh merupakan suatu tantangan untuk merubah pola pikir konvensional yang selama ini telah melekat di pikiran masing-masing orang. Secara gamblang Don Tapscott mendefinisikan dua belas karakteristik mendasar dari ekonomi digital yang pada prinsipnya memperlihatkan terjadinya dua belas pergeseran prinsip dan paradigma dalam ilmu ekonomi (Tapscott, 1996). Kedua belas aspek tersebut adalah: knowledge, digitization, virtualization, molecularization, integration, dis-intermediation, convergence, innovation, prosumption, immediacy, globalization, dan discordance. Teori lain mengenai karakteristik bisnis di internet secara menarik dipaparkan pula oleh Peter Finger melalui delapan belas imperatif bisnis di dunia maya. Mempelajari hal ini merupakan kebutuhan mutlak yang pertama-tama harus dilakukan oleh mereka yang ingin berpetualang di dunia maya karena tanpanya, yang terjadi adalah proses membuang-buang waktu belaka. Seorang konsultan teknologi informasi secara bergurau mengatakan bahwa “old organisation plus information technology is equal to old and expensive organisation”. Alasan utama dibutuhkannya pemahaman yang baik adalah karena banyaknya prinsip-prinsip bisnis yang sama sekali bertentangan dengan hukum ekonomi yang selama ini dikenal. Melalui karakteristik ini pula para praktisi bisnis dapat melihat celah-celah peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan suatu aktivitas usaha secara efektif (Tapscott, 1998).

Riview Aspek bisnis dengan perbandingan Survey Bisnis 2011


Artikel 9
Hasilnya dari survey peluang bisnis 2011 adalah sebagai berikut :

1. Di tahun 2011 ini diperkirakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sekitar 6.3%,
Untuk inflasi di perkirakan 4.5%, harga minyak diperkirakan mencapai $USD 75-90 per barrel.
Namun perang kurs di semenanjung korea dan di Amerika serikat dengan cina harus terus di perhatikan.
Yang paling merasakan dampak dari pergolakan global adalah industry berorientasi ekspor dan pemulihan ekonomi global di perkirakan  semakin lambat.

2. Jika di tahun 2011 ini pemerintah jadi menerapkan pembatasan subsidi BBM, maka dampaknya besar sekali terhadap pelaku bisnis khususnya yang terkait dengan konsumsi, transportasi dan distribusi.

3.  Di perkirakan ditahun 2011 ini konsumsi domestic masih menjadi acuan perekonomian di Indonesia.

Memasukkan Blog Search Engine Google



Artikel 12
       Memasukkan Blog ke Search Engine Google artinya mendaftarkan blog Anda agar masuk ke dalam database Google. Apakah harus dilakukan? Sebetulnya cara ini optional, tidak dikerjakan pun tidak mengapa, blog Anda tetap bisa masuk ke database Google tersebut, mengapa ini bisa terjadi? Karena Google tersebut mempunyai apa yang disebut dengan robot crawler (robot penjelajah) yang berkeliaran terus menerus. Misalnya Robot sedang masuk ke blog saya, lalu menemukan LINK ke blog Anda dari blog saya maka robot itupun akan otomatis mengindex atau memasaukkan blog Anda ke dalam database mereka. Namun jika Anda tidak ingin menunggu robot masuk ke website Anda dari pintu masuk blog lain secara otomatis maka Anda boleh mendaftarkan blog Anda ke Search Engine Google tersebut secara manual. Bagaiamana caranya? Sangat sederhana, mari kita bahas.

Silahkan masuk ke http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl
Setelah sampai disana, Anda akan menemukan layar untuk memasukkan blog Anda. Perhatikan isian untuk masing-masing kotak tersebut.
URL: ….
Isi dengan blog anda misalnya http://rahasiasearchengine.net
Comments: …
Isi komentar singkat tentang blog Anda misalnya Rahasia Search Engine. ISi dengan judul blog Anda ya, yang satu ini hanyalah contoh dari saya saja.
Lalu akan ada kotak dengan gambar bertuliskan kata acak. Anda masukkan ke dalam kotak di bawahnya.
Kemudian yang terakhir klik pada tombol Add URL
           Sesuai dengan kata Google tersebut mereka tidak berjanji 100 persen akan menambahkan semua URL yang dimasukkan ke database mereka, dan mereka juga tidak memberikan prediksi atau menggaransi tentang kapan website Anda akan muncul di hasil pencarian. Seperti itulah Google, tidak mau berjanji pasti, hehe.. Namun demikian secara rata-rata, setidaknya yang sering saya alami maka blog akan muncul dalam waktu beberapa hari. Jika tidak muncul lebih dari seminggu maka Anda boleh saja mengulanginya. Tetapi tidak perlu juga terlalu sering. Cara ngecek apakah blog Anda sudah terdaftar di Google, tinggal masuk lagi ke Google.co.id dan ketikkan blog Anda misalnya ketik: rahasiasearchengine.net
Demikian itu saja cara mendaftarkan blog Anda di search Engine Google. Seperti saya tulis diatas, cara manual ini boleh saja tidak dikerjakan, asalkan blog Anda telah dipromosikan di tempat lain, sehingga robot Google bisa masuk sendiri dan mengindex blog Anda secara otomatis. Dan tentu saja tak ada salahnya lakukan secara manual untuk mempercepat robot itu datang ke blog Anda.
Sekedar membuat blog masuk atau terdaftar saja di Google memang sangat mudah. Yang lebih penting tentu saja adalah masuk dan menang di posisi Rangking Atas Google misalnya. Karena jika blog Anda sudah terdaftar dan orang mencari suatu kata tertentu dan blog Anda muncul di rangking atas Google maka itu baru ngetop namanya, sebaliknya jika blog Anda masuk tetapi di urutan ke 1000 maka hampir tidak ada orang yang akan menemukannya dan dengan rajinnya mengklik Next, Next atau Berikutnya dan Berikutnya waktu mereka mencari informasi di Google.co.id.

sejarah search engine


 Artikel 11
    Sarch Engine adalah aplikasi yang didesain untuk mencari informasi dunia world wide web/ internet. Internet terdiri dari triliun data dan informasi dalam jutaan server dan lokasi yang tersebar luas. Search engine menkoleksi data, gambar, informasi dalam bentuk indeks. Informasi yang disajikan dalam bentuk daftar kepada pencari berdasarkan info yang diberikan oleh pencari.

Cara kerja search engine berdasarkan urutan berikut ini:
1. Web Crawling
2. Indexing
3. Searching

Web crawler (disebut juga spider) adalah program komputer yang melihat-lihat/browse halaman web serta mengikuti setiap link di halaman tersebut, dan kemudian menyimpannya dalam indeks di server search engine. Isi dari halaman tersebut dianalisa untuk mendapatkan index kata-kata dari judul, header, dan meta tag. Index memungkinkan hasil query yang sepandan dengan cepat.

Saat pengguna menuliskan pertanyaan/ query ke search engine, maka search engine akan searching/ mengevaluasi index dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan pertanyaan/ query, beserta ringkasan singkat yang terdiri dari judul dokumen dan sebagian dari teks.

Sejarah Search Engine

Sebelum ada web search engine(mesin pencari web), terlebih dahulu ada sebuah webserver yang memiliki daftar lengkap. Tampilan tersebut diubah oleh Tim Berners-Lee dan dimana CERN webserver menjadi tuan rumahnya. Sejarah dalam sebuah foto yang masih tersisa dari 1992. Semakin banyak webserver yang online tampilan pusat tidak dapat ikuti. Dalam NCSA server baru diumumkan dengan judul "What's New!" tetapi tidak terdapat tampilan yang lengkap lagi.

Alat yang pertama kali digunakan untuk mencari informasi di internet dinamakan Archie. Nama itu singkatan dari "archive" tanpa "v". Alat ini diciptakan pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang murid di McGill Universitas di Montreal. Program ini menyalin data dari semua file di komputer yang terletak di FTP (File Transfer Protocol) tanpa nama, menciptakan kumpulan data yang bisa ditemukan di komputer; bagaimanapun, Archie tidak memberi petunjuk dalam situs ini.

Gopher meningkat (diciptakan pada tahun 1991 oleh McCahill di Universitas Minnesota) memimpin 2 program pencari baru, Veronica dan Jughead. Seperti Archie, mereka mencari nama file dan judul yang disimpan dalam sistem index (petunjuk) Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan kata kunci pencarian dari kebanyakan judul menu Gopher dalam semua tampilan Gopher keseluruhan. Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display) adalah sebuah alat untuk mendapatkan informasi dari server Gopher. Sementara sebuah nama mesin pencari "Archie" bukan penunjuk untuk berbagai seri buku komik Archie, "Veronica" dan "Jughead" adalah karakter dalam berbagai seri, jadi mengarah pada pendahulu.


TUGAS 4

ADA 5 SEAECH ENGINE LUAR NEGRI ADALAH
1.Mahalo.com
2.Duck Duck Go.com
3.Bing.com
4.Yahoo.com
5.Google.com

ADA BEBERAPA SEARCH ENGINE DALAM NEGRI
1.Cangkok.com
2.Nahlo.com
3.Pamdawa.com
4.Anekaragam.com
5.wikipedia.id

    menurut saya dalam menganalis search engine Luar negeri maupun dalam negeri adalah terletak pada ke efisiensi dalam mencari informasi.
Dalam search engine luar negeri mengenai mengakses dan ketepatan dalam mencari lebih cepat dan spesifik.Bisa mencari web search dalam sisi tampilan yang pertama.

 



Jumat, 09 Maret 2012

Transformasi Bisnis & Budaya Perusahaan

 Transformasi Bisnis & Budaya Perusahaan

     Pasar bebas yang selama ini hanya merupakan bayang-bayang yang menimbulkan kekhawatiran terhadap kesiapan dunia bisnis kita mulai berlaku. Banyak pihak meramalkan bidang-bidang bisnis yang selama ini berada dalam balutan proteksi, terang-terangan maupun terselubung yang akan banyak menghadapi tantangan. Perusahaan manufaktur juga akan menghadapi tantangan besar. Demikian pula dengan BUMN, yang disarankan oleh banyak pihak untuk melakukan transformasi bisnis sebagai upaya mengasah daya saingnya di tingkat regional, dan batu loncatan dalam persaingan global.

       Perusahaan yang melakukan transformasi bisnis memperoleh banyak manfaat, antara lain: perusahaan dapat memfokuskan diri kepada bidang bisnis yang lebih menjanjikan (business repositioning), menciptakan daya tahan dan daya saing yang lebih besar, meningkatkan kemampuan organisasi agar dapat memiliki daya dukung yang lebih kuat, menciptakan nilai dan penghasilan finansial yang lebih besar serta berpeluang lebih besar menjadi perusahaan bertaraf kelas dunia
Transformasi bisnis adalah seluruh proses perubahan yang diperlukan oleh suatu korporasi untuk memposisikan diri agar lebih baik dalam menyikapi dan menjawab tantangan-tantangan bisnis baru, lingkungan usaha yang berubah secara cepat maupun keinginan-keinginan baru yang muncul dari dalam perusahaan. Perubahan dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan terhadap pola pikir, pola pandang dan pola tindak perusahaan, strategi bisnis, budaya perusahaan maupun perilaku dan kemampuan organisasi.
Kerangka kerja transformasi bisnis meliputi rantai nilai transformasi bisnis, yang berisi tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar perubahan yang dilakukan dapat menciptakan nilai, serta proses implementasinya, yang berisi langkah-langkah yang diperlukan dalam melaksanakan bisnis secara terencana dan baik.
Terdapat lima tahap utama dalam transformasi bisnis. Tahap pertama adalah visioning, strategic positioning dan corporate strategy development untuk menetapkan arah dan tujuan perusahaan serta memposisikan diri agar lebih kompetitif. Tahap kedua, peningkatan kemampuan organisasi. Tahap ketiga, pengembangan sumberdaya manusia untuk melakukan perubahan mendasar pada pengelolaan dan kesisteman sumberdaya manusia. Tahap keempat, pemantapan budaya perusahaan agar seluruh kekuatan perusahaan dapat ‘diikat’ menjadi satu dan diarahkan kepada sasaran yang diinginkan. Tahapan akhir adalah tahapan pencapaian sasaran bisnis dan penciptaan nilai.
Budaya Perusahaan
Salah satu tahap dalam transformasi bisnis adalah pemantapan budaya perusahaan, yang merupakan ‘jiwa’ organisasi. Acap dalam rangka pemantapan budaya perusahaan, sekedar memperkuat budaya perusahaan yang telah ada masih dirasakan kurang memadai. Nilai-nilai yang sudah ‘hidup’ dalam tubuh organisasi mungkin kurang sesuai dengan strategi baru yang ditetapkan, sehingga nilai-nilai itu ada yang dirubah, ditambahkan, maupun dihilangkan.
Namun mesti diingat, perubahan budaya perusahaan menyerap banyak energi. Dalam tahap awal perubahan budaya perusahaan ini, yang disebut sebagai tahap dekristalisasi, energi yang digunakan untuk melakukan perubahan berkisar dari rendah hingga menengah. Pada tahapan ini dilakukan rasionalisasi dan legitimasi dari proses perubahan budaya perusahaan yang direncanakan, sebagai program antisipasi terhadap perubahan.
Tahapan kedua, yang disebut tahap metamorfosis, terjadi konflik yang disebabkan perbedaan interpretasi dan juga dilanjutkan proses pengkayaan menuju penerapan budaya perusahaan yang baru. Tahap yang melibatkan konfirmasi dan kulminasi ini menguras banyak energi.
Terakhir, proses perubahan budaya organisasi akan tiba pada proses integrasi. Pada tahapan ini, terjadi resolusi terhadap konflik yang terjadi, serta terbentuknya soliditas dari budaya organisasi yang baru terbentuk. Energi yang dibutuhkan berkisar dari menengah hingga rendah. Keseluruhan proses yang terjadi pada tahap ini disebut sebagai tahapan rekristalisasi .
Terdapat beberapa langkah utama yang tidak boleh dilewatkan. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menelaah, apakah perubahan budaya perusahaan benar-benar perlu dilakukan ? Kemudian melakukan kajian terhadap nilai-nilai yang sudah ada dalam organisasi saat ini, serta melakukan review terhadap strategi perusahaan yang telah ditetapkan. Kemudian dilakukan cross check dengan nilai-nilai yang berlaku dalam organisasi. Maksudnya adalah untuk melihat apakah strategi strateginya sudah sesuai dengan nilai-nilai baru yang akan kita anut. Yang juga tidak boleh dilupakan adalah keselarasan antara pasar dengan budaya organisasi, karena setiap pasar menuntut karakteristik perilaku organisasi yang berbeda.
Penting juga ditelaah apakah ada perbedaan antara nilai-nilai inti dan sub-budaya yang akan diterapkan. Selanjutnya mengembangkan strategi dalam rangka sosialisasi budaya organisasi yang baru. Dan terakhir adalah mengembangkan strategi internalisasi budaya organisasi yang baru untuk diimplementasikan.

TWITTER

Menu

Recent Post